Senin, 10 Desember 2012

Pemberantasan Korupsi, Presiden Pun Frustrasi

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengaku terkadang frustrasi terhadap agenda pemberantasan korupsi di Indonesia. Pengakuan itu disampaikan Presiden dalam pidato peringatan puncak Hari Antikorupsi dan Hari HAM Sedunia di Istana Negara, Jakarta, Senin (10/12/2012). 


Meski mengaku terkadang frustrasi, Presiden meminta agar semua pihak untuk tidak putus asa dalam pemberantasan korupsi. Untuk membentuk sistem pemerintahan yang bersih, kata Presiden, memang diperlukan waktu yang lama seperti di negara-negara maju.


"Pengalaman di banyak negara, upaya (pemberantasan korupsi) ini bukan hanya kerja instan, pekerjaan setahun dua tahun selesai. Ini sebuah pekerjaan yang memerlukan waktu yang panjang. Untuk Indonesia, tidak berlebihan kalau saya mengatakan ini adalah upaya dan pekerjaan kita selamanya," kata Presiden.


Presiden mengingatkan semua pihak untuk juga memperhatikan pencegahan korupsi. Memberantas korupsi, kata dia, tidak hanya membawa koruptor ke pengadilan, tetapi juga harus ditutup sumber-sumber terjadinya korupsi.

Presiden juga meminta kepada institusi penegak hukum untuk memberikan perhatian di empat sektor yang terkait keuangan negara, yakni penyusunan APBN dan APBD, pengadaan barang dan jasa, pengeluaran izin di daerah, dan perpajakan. 

"Empat hal itu tahun-tahun mendatang kita berikan atensi sungguh-sungguh. Bukan berarti yang lain tidak penting," kata Presiden. Sumber

Tidak ada komentar: