Selasa, 18 Desember 2012

Bali ke Lombok Kian Cepat

Mulai Selasa 18 Desember 2012 perjalanan wisatawan dari Bali tujuan Lombok kian mudah dengan beroperasinya kapal cepat Marina Srikandi 8.


Moda kapal cepat ini untuk mempersingkat waktu tempuh Bali-Lombok, hingga cuma 40 menit dari Pelabuhan Padangbai di Bali, langsung ke pantai Senggigi di Lombok Barat.


Selama ini, wisatawan yang datang melalui Bali harus menggunakan transportasi udara yang memerlukan waktu tempuh lama. Bandar Udara Internasional Lombok sekitar 55 kilometer selatan Senggigi atau dua jam perjalanan darat.


Penyeberangan perdana Marina Srikandi 8 ini dilakukan dengan 100an orang dari agen perjalanan wisata di Bali yang akan menangani perjalanan wisman.


Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Nusa Tenggara Barat (ASITA NTB) Agus Mulyadi gembira adanya layanan kapal cepat ini. ''Kami bersyukur karena dapat mempercepat pertumbuhan kunjungan wisman,'' ucapnya kepada Tempo.





Marina Srikandi 8 menggunakan delapan mesin Suzuki masing-masing 800 tenaga kuda dan dapat berlayar dengan kecepatan 50 knots. Bila naik kapal ferry yang menghubungkan Padang Bai, Bali-Lembar, Lombok Barat memerlukan waktu selama empat jam.


Dijadwalkan sehari melayani dua kali pemberangkatan yang tarifnya sekali jalan Rp 250 ribu. Tetapi Vice Director Marina Srikandi Rudy mengatakan akan meningkatkan menjadi empat kaii. ''Estimasi saya muatan bisa 70 persen,'' ujarnya.


General Manager Hotel Vila Ombak di Giii Trawangan Iwan Wahyudi menyatakan senang bertambahnya transportasi kapal cepat ini. Walaupun saat ini sudah ada 18 kapal cepat yang rata-rata mengangkut 40 orang dari Benoa Denpasar ke Giii Trawangan. ''Kapal cepat ini akan bisa menambah wisman ke Gili Trawangan,'' ucap Iwan Wahyudi.


Di Gili Trawangan ada 800an kamar hotel yang separonya 400an kamar milik Vila Ombak dan Sunset Ombak.

Tidak ada komentar: