Senin, 12 November 2012

Toyota dan Daihatsu Temui SBY

Para pimpinan di Toyota Group, Sabtu lalu bertemu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Seperti disampaikan pihak Toyota, pertemuan terkait dengan rencana investasi di Indonesia senilai Rp 26 triliun yang dilakukan bertahap sampai 2020. Sebanyak enam perusahaan datang sebagai perwakilan, antara lain Toyota Motor Corporation, Daihatsu Motor Co Ltd, dan Denso Corp.


"Enam pimpinan ini datang ke Indonesia untuk menyampaikan komitmen meningkatkan industri dari sampai ke hilir. Kami berharap bisa memperkokoh sekaligus tetap membina hubungan yang baik (dengan Pemerintah Indonesia)," ujar Akio Toyoda, Presiden Direktur Toyota Motor Corporation di Hotel Mandarin, Jakarta, Sabtu.

Sebagai tahap pertama, investasi sebesar Rp 13 Triliun akan dikeluarkan dalam waktu 5 tahun ke depan. Dana tersebut berasal dari enam perusahaan yang diwakili. Selain Toyota Motor Corporation, Daihatsu Motor Co Ltd, dan Denso Corp, yakni Toyota Auto Body Co Ltd, Toyota Tsusho Corporation (TT), dan Aisin Seiki Co Ltd(AS).

Salah satu hal yang juga disampaikan bahwa Toyota sudah melakukan pembangunan pabrik kedua dan peningkatan kapasitas produksi pada pabrik pertama di Karawang, Jawa Barat. Dengan demikian, target total kapasitas produksi 250.000 unit bisa dicapai pada awal tahun depan.

Daihatsu sendiri menyampaikan sedang membangun pabrik ketiga di Karawang, serta persiapan fasilitas sirkuit uji coba kedua di luar Jepang dan Pusat Desain mulai tahun ini.

Adapun Denso akan membangun pabrik baru di Bekasi yang akan beroperasi pada Februari 2014. Mereka juga akan melokalkan pembuatan komponen elektronik serta meningkatkan volume ekspor. Sumber

Tidak ada komentar: