Kamis, 01 November 2012

Berita Terbaru Dalam Genggaman


Empat Aplikasi News Reader Pilihan
Aplikasi news reader merupakan salah satu daya tarik smartphone. Dengan adanya aplikasi ini—yang bisa diunduh secara gratis—pengguna smartphone dapat memperoleh informasi dari berbagai belahan dunia secara gratis. 

Selain itu, aplikasi-aplikasi ini dapat menyerap informasi bidang bahasan yang disukai penggunanya sesuai pilihan, seperti teknologi, olahraga, media sosial, gaya hidup, hiburan, politik, bisnis, dan masih banyak lagi.  

Pilihan news reader sangat beragam. Laman Windows Phone marketplace, misalnya, melansir sejumlah aplikasi news reader yang mendapat rating cukup besar. Di antaranya ada Zite, News Channel, dan Yahoo! News US. 

Selain itu aplikasi news reader yang hanya bisa diakses iOS dan Android, seperti Pulse News dan Flipboard juga terbilang sangat populer karena disukai pengguna. 

Bahkan sejumlah laman memberikan rekomendasi news reader terbaik. Sebutlah aqindomarket.com yang menyebut adanya 20 aplikasi terbaik, di antaranya adalah Flipboard. Sedangkan aplikanologi.com melansir sejumlah news reader yang dinilainya keren, seperti Zite, Flipboard, Feedly, dan Pulse.

Masing-masing news reader memang punya kelebihan dan daya tarik sendiri, seperti berikut ini:

 
Tampilan Zite. (Zite)Zite 
Zite adalah news reader berkonsep majalah yang bisa diakses secara gratis lewat smartphone (iPhone, iPad, Android, WP7). Zite yang disebut sebagai aplikasi cukup populer, menyediakan berbagai berita, artikel, blog, hingga video. 

Mengutip aplikanologi.com, kelebihan aplikasi ini adalah tampilannya yang simpel, rapi, pengaturan dan kostumisasi yang mudah. Namun yang pasti, desain Zite memang sangat menarik dan elegan. Bob Tedeschi dari New York Times memuji tampilan aplikasi Zite sangat sempurna sebagai sebuah majalah.

Untuk Top Stories berlatar belakang ruang putih, sehingga pembaca layar smartphone dimudahkan dalam memilah pilihan berita. 

Zite memberikan beberapa alternatif kategori bacaan sesuai pilihan dan pengguna bisa memilihnya, seperti Technology, Sports, Social Media, Football, dan masih banyak lagi.

Terdapat pilihan mensinkronkan aplikasi dengan Twitter dan Google Reader agar Zite bisa menampilkan berita dari yang sudah muncul di akun media sosial Anda. Anda juga dapat melakukan sharing link ke Twitter maupun Facebook.

Yahoo! News
Yahoo! News merupakan salah news reader yang digemari versi Windows Phone. 

Desain menarik dan pemilihan foto-foto yang eye catching merupakan kelebihan aplikasi news reader satu ini. Dengan desain elagan dan penampilan visual menarik, pengguna tidak bosan untuk mengikuti berita yang tersaji. Bahkan, seorang pengguna bisa tertarik membaca berita setelah melihat tampilan visual.

Di Yahoo! News, pengguna bisa berita utama (News Headline), Berita Terpopuler di AS, Top Stories, Education, Politics, bahkan Crimes and Trials yang diambil dari sumber-sumber pemberitaan terpercaya, seperti kantor berita Reuters.

Sama halnya dengan Zite, Yahoo! News memungkinkan pengguna memilih topik bacaan yang diinginkan.

Pulse News
Sama seperti news reader Zite, News Channel, dan Yahoo! News US, Pulse News merupakan aplikasi yang memungkinkan pengguna memilih berita yang disukai. 

Pulse menampilkan desain yang menarik. Aplikasi satu ini juga memungkinkan kita berbagi artikel berita melalui Facebook, Twitter, maupun email.

Menariknya lagi, artikel-artikel ini ditampilkan bak mosaik, sehingga pengguna bisa melakukan slide ke kiri dan ke kanan untuk melihat artikel dari berbagai sumber berita. 

Mengutip Aplikanologi.com, Pulse selalu menambahkan sumber-sumber berita baru setiap minggunya. Oleh karena itu, pengguna berkesempatan mendapatkan berita-berita baru atau artikel menarik dari internet. Bahkan, pengguna bisa mencari sumber berita baru melalui keyword atau mengimpor daftar RSS Feeder dari akun Google Reader.

  
Tampilan Flipboard. (AFP Relax)Flipboard
Flipboard juga merupakan news reader yang menyenangkan. Halaman sampulnya terlihat besar dan penuh, dilengkapi dengan kotak berita dan visual yang eye catching. 

Di sini pengguna bisa memilih kategori berita, dan membolak-balik boards untuk membaca cerita/tulisan dengan lebih dalam lagi. 

Tata letak beritanya terkesan jernih dan tajam, sehingga pengguna dapat membolak-balik hingga menemukan artikel menarik secara mudah. Tinggal tekan artikel yang disukai, maka akan diperbesar ke tampilan layar penuh. 

Flipboard memulai debutnya pada iPad pada 2010, dan kemudian merambah iPhone pada akhir tahun lalu serta Android. Seperti dikutip PCMag, news reader satu ini telah mencatat total 1 juta download. 

Pengguna dapat menngunduh dari Google Play, Amazon Appstore, atau Barnes & Noble Nook Store. Sumber

Tidak ada komentar: