Astra Toyota Agya dan Astra Daihatsu Ayla dipasarkan
dengan harga yang ekonomis, merujuk pada program mobil murah dan ramah
lingkungan pemerintah. Namun tim perancang dan pengembangnya kerap kali
berujar bahwa sekalipun murah, mobil ini tidak murahan dalam segi
kualitas.
Salah satu yang menarik adalah penggunaan mesin dengan
kode 1KR-DE. Seperti apa keunggulan dari mobil yang baru akan dipasarkan
akhir tahun atau tahun depan tersebut? Berikut 7 poin di antaranya:
- Kode baru 1KR-DE
Keluarga
mesin 1KR yang digunakan Toyota merupakan mesin 3-silinder segaris yang
didesain oleh Daihatsu. Akan tetapi, kode 1KR-DE tidak ditemukan di
negara mana pun, alias mesin baru yang benar-benar dibuat di Tanah Air.
Mesin
ini secara spesifik memang dikatakan mesin baru yang dibuat khusus,
seperti disampaikan Embay Sunaryo, Head Development Project Team Astra
Daihatsu Motor.
- Bobot mesin ringan
Blok mesin kode 1KR
digunakan di beberapa produk Toyota, antara lain Daihatsu Xenia 1.000
cc, Daihatsu Sirion, Toyota Aygo, bahkan produk Citroën C1 dan Peugeot
107. Keunggulannya ada pada penggunaan bahan alumunium yang diklaim pada
dasarnya hanya berbobot 69 kg, bahkan itu sudah termasuk sejumlah
perangkat tambahan.
Hebatnya lagi, bobot mesin 1KR-DE yang ada
pada Agya dan Ayla ini terpangkas lagi 10 kg. Kuncinya ada pada tutup
kepala silinder yang diganti, dari aluminium menjadi berbahan
resin-plastik, yang juga mengurangi friksi.
- Lebih mudah lagi dirawat
Satu
alasan mengapa sejumlah konsumen memilih produk Toyota - Daihatsu
adalah karena mesinnya yang simpel sehingga mudah dirawat. Namun mesin
1KR-DE bahkan lebih mudah lagi karena tata letaknya yang membuat ruang
jantung pacunya menjadi lega.
Dalam kondisi ini, mesin mudah dilihat-lihat, bahkan diangkat andai terjadi kerusakan parah.
- Manifold tunggal
Satu
yang juga baru di sini adalah desain integrated exhaust manifold, yang
tidak lagi terbagi tiga pipa untuk tiga saluran pembuangan, tetapi satu
pipa ke tiga saluran.
Semuanya kini terintegrasi pada kepala
silinder sehingga saluran buang lebih pendek, disatukan dengan catalytic
converter dan tempat untuk sensor oksigen. Hal ini pun salah satunya
mengurangi bobot mesin.
- Rantai timing
Salah satu
keunggulan dari keluarga mesin 1KR adalah tidak menggunakan timing belt
karet tetapi rantai. Dengan demikian, tidak ada urusan untuk rutin
mengganti timing belt lebih sering karena penggunaan rantai lebih awet,
dan di sisi lain tidak terlalu berisik.
- DOHC
Mesin 1KR-DE
mempertahankan tradisi penggunaan DOHC atau double overhead camshaft
yang memakai dua noken as di kepala silinder. Sistem ini membuat proses
kerja menjadi lebih presisi pada putaran tinggi.
- Tenaga
Dalam
keterangannya Embay mengklaim bahwa mesin Ayla memiliki teknologi lebih
maju dibanding Daihatsu Xenia 1.000 cc. Data menunjukkan tenaga
mencapai 65 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dengan torsi maksimal 8,7
kgm pada 3.600 rpm.
Angka tenaga citycar ini lebih besar sedikit dibanding MPV Xenia 1.000 yang berdaya 63 PS. Sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar