Senin, 17 September 2012

Festival Salihara 2012


JAKARTA - Pentas musik pembuka Festival Salihara 2012 akan dimeriahkan beberapa kelompok musik yang tengah naik daun tetapi tidak termasuk dalam arus utama, yaitu KunoKini. Dengan berbagai gaya, mereka akan memberikan sisi lain dari festival itu: muda, segar, penuh semangat, dan kritis. 

KunoKini selama ini lebih berkonsentrasi kepada musik etnik-eksperimental. Mereka mengandalkan kekuatan aneka bunyi perkusi dari khazanah Nusantara dan dunia yang dipadukan dengan musik kontemporer. 
Yang menonjol hampir dalam setiap penampilannya adalah suasana reggae yang terus-menerus. Lirik-liriknya (dalam bahasa Indonesia, Inggris, Jawa, dan daerah lain adalah kritik sosial yang membangkitkan semangat.

Dibentuk pada 2003, KunoKini, sebagaimana rilis yang diterima Suara Merdeka, Senin (17/9), pada mulanya adalah musik pengiring untuk kontingen tari mahasiswa Indonesia dalam Festival Folklore di Wismar, Jerman. 
Kelompok ini diisi oleh Bhismo, Bebi, Akbar, dan Darman. Mereka juga tampil di sejumlah festival di Indonesia, Jerman, Belanda, dan Australia. Album perdana mereka adalah Reinkarnasi (2010). Sabtu mendatang, mulai pukul 18.30 mereka akan unjuk kebolehan di Salihara. 

Akustik

Selain itu, kelompok Sir Dandy (Harrington) juga akan menyajikan musik beraliran folk organik dengan sentuhan gitar akustik yang dominan. Dengan vokalis Dandi Achmad Ramdhani, band ini menghasilkan lagu-lagu yang terasa jujur, spontan, dan berkesan serius tapi santai. 

Akan tetapi, dari balik lirik-lirik lagu yang penuh humor itu mengalir kritik tajam tentang banyak hal. Sebelum meluncurkan album Lesson #1 pada tahun lalu, Sir Dandy telah mengeluarkan sejumlah single yang sukses, seperti “Juara Dunia”, “Jakarta Motor City”, dan “Kebakaran Hutan”. Band ini juga telah tampil di Java Rockin Land (2011), Beatfest (2011), dan Love Garage (2012).

Pada festival itu akan tampil juga kelompok musik lain, Glimpse: Music for Drums and Mixed Ensemble yang dipandegani Aksan Sjuman. Mereka akan mempertunjukkan kebolehannya dalam penyelenggaraan keempat itu. Sumber

1 komentar:

blogmashanif mengatakan...

Blog saya kok belom di follow back sob!!