Jumat, 28 Desember 2012

Jakarta Night Festival 2012

Puncak  detik-detik  pergantian  tahun  2012/2013  dipusatkan  di  panggung utama yang di Bundaran HI. 

Untuk menyambut pergantian malam tahun baru 2012, Pemprov DKI menggelar acara Jakarta Night Festival (JNF) 2012. Diharapkan kegiatan ini menjadi even rutin setiap tahun yang digelar Pemprov DKI dalam menyambut pergantian tahun.

Dalam acara JNF 2012, Pemprov DKI memberlakukan Jakarta Car Free Night atau Jakarta Bebas Kendaraan Bermotor Pada Malam hari. Jakarta Car Free Night akan dilakukan di koridor Thamrin-Sudirman, mulai dari patung kuda hingga Bundaran Senayan. Pengaturan lalu lintas ini akan dilakukan pada tanggal 31 Desember, mulai pukul 21.00 WIB-02.00 dini hari.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta Arie Budhiman mengatakan pemberlakukan Jakarta Car Free Night untuk memberikan kesempatan kepada warga Jakarta menyambut dan memeriahkan malam pergantian tahun di sepanjang jalan Thamrin hingga Sudirman dengan aman dan nyaman.

Dijelaskannya, rangkaian kegiatan JNF 2012 akan disajikan berbagai atraksi seni budaya dan hiburan di 16 lokasi panggung sepanjang Thamrin – Sudirman, serta karnaval malam tahun baru. Jenis tampilan seni budaya di 16 panggung hiburan sangat bervariasi. Mulai dari seni musik tradisonal Betawi, Kroncong, Gambang Kromong, Wayang Betawi, Campur Sari, Musik Dangdut, Band Pop dan Rock.

"Khusus untuk panggung utama di Bundaran HI akan tampil Band The Chungcutters, Metro Voice berupa tampilan Dancer dan Group Vocal dari para Polisi Wanita (Polwan) Polda Metro Jaya serta berbagai tarian tradisional," kata Arie di Balaikota DKI, Jakarta, Jumat (28/12).

Menurutnya, karnaval Malam Tahun Baru akan diikuti sekitar 3.000 orang. Terdiri dari arak-arakan Komunitas Sepeda, Marching Band, Seni budaya nusantara, dan Rumah Batik Carnival. Serta Performing Arts yang akan diikuti oleh 2013 pelajar dengan formasi unik dalam tampilan seni budaya. Rute yang akan ditempuh, start dari halaman Balaikota DKI, pukul 22.00 hingga Jalan Thamrin dan finish di Bundaran Hotel Indonesia diperkirakan sekitar pukul 23.30.




"Peserta karnaval akan melakukan perform di beberapa titik di depan panggung hiburan menuju Bundaran HI. Peserta karnaval akan perform di Bundaran HI, sambil menunggu detik-detik pergantian tahun yang dipandu dari panggung utama," tuturnya.

Puncak detik-detik pergantian tahun 2012/2013 dipusatkan di panggung utama yang di Bundaran HI. Rencananya Gubernur  Provinsi DKI Jakarta Joko Widodo bersama-sama masyarakat akan merayakannya, diiringi dengan berbagai atraksi hiburan. Antara lain atraksi kembang api, laser show, air mancur, penerbangan balon zepllin, serta hingar-bingar musik di sepanjang Thamrin-Sudirman.

"Kami mengharapkan masyarakat Jakarta dari berbagai kalangan dapat bersama-sama merayakan malam pergantian tahun dengan membaur di jalanan dalam suasana keakraban, meriah, aman dan nyaman," ujarnya.

Tidak ada komentar: