Rabu, 21 November 2012

Wapres Boediono Soal Century


Wakil Presiden Boediono punya cara sendiri menjelaskan posisinya yang mulai dikaitkan dalam skandal dana talangan Bank Century. Apalagi setelah Ketua KPK Abraham Samad mengumumkan dua tersangka baru dalam kasus ini. Juga setelah Samad, misalnya, menyatakan Boediono berperan dalam pemberian fasilitas pendanaan jangka pendek ke Bank Century pada 2008.



Meski melalui juru bicara Wakil Presiden, Yopie Hidayat, telah memberikan tanggapan resmi, Boediono tetap berkeinginan menjelaskan kasus itu melalui akun @boediono di jejaring sosial Twitter. Akun itu, menurut Yopie Hidayat, adalah akun resmi Boediono.


Ada sekitar 19 kali tweet yang diluncurkan Boediono pada Rabu, 21 November 2012, pukul 17.00 WIB. Semua berkisar kebijakan pengucuran dana talangan Rp 6,7 triliun itu.


Inilah 17 kicauan Boediono itu:

@boediono Pasca rapat kerja KPK & Timwas DPR utk kasus Century berikut tanggapan saya:


1. Sikap saya mengenai penyelamatan Bank Century 2008, sejak awal dan sampai sekarang sudah jelas.


2. Saya tetap percaya pada KPK yang independen.


3. Saya siap membantu sepenuhnya segala upaya penegakan hukum,


4. Jika ada pejabat, siapa pun, yg terlibat tindak pidana korupsi dlm proses penyelamatan Bank Century.


5. Saya tidak akan berusaha menghalangi dengan cara apapun proses oleh KPK.


6. Sebaliknya, saya juga tidak berusaha mengarahkan atau mendesak-desak KPK untuk melakukan sesuatu,


7. karena menghormati KPK sbg badan yg independen dr campur tangan pihak manapun.


8. Sbg salah satu pengambil kebijakan pada tahun 2008, sbg Gubernur BI saya tetap yakin & percaya bhw kebijakan penyelamatan Bank Century,


9. adalah langkah tepat yg harus diambil agar sistem keuangan & ekonomi Indonesia tidak terjerumus ke dlm krisis keuangan global,


10. krisis yg saat itu sdh membelit ekonomi banyak negara lain.


11. Bahwa Bank Century dalam keadaan buruk pada saat krisis itu, justru menjadi sebab terpaksa dilakukannya penyelamatan.


12. Dan apabila keburukan dan kerusakan Bank Century itu selain disebabkan oleh pengurus dan pemiliknya,


13. ternyata juga akibat pelanggaran yang disangka dilakukan oleh pejabat BI,


14. maka sewajarnya bila KPK mengusut dengan tuntas dan adil.


15. Rakyat Indonesia hingga kini dapat menikmati manfaat kebijakan itu karena Indonesia selamat dari krisis keuangan dunia pada 2008.


16. Sementara, banyak negara lain masih menanggung beban berat sampai saat ini.


17. Kebijakan itu terbukti adalah kebijakan yang benar dan saya siap bertanggungjawab atas pilihan kebijakan itu.


@boediono Demikian penjelasan saya. Terimakasih.

Tidak ada komentar: