Selasa, 06 November 2012

Profil Barack Obama

Kesuksesan terbesar Presiden AS ini termasuk UU Sistem Kesehatan dan menangkap Osama bin Laden. Presiden kulit hitam pertama di Amerika Serikat ini adalah orator ulung. Ia muncul sebagai presiden AS dan harus langsung menangani tantangan ekonomi terberat yang pernah dialami oleh Amerika Serikat. 

Obama lahir dan besar di Hawaii, dibesarkan oleh kakek dan nenek dari pihak ibu, sementara ibunya tinggal di Indonesia. Obama pun sempat tinggal di Indonesia. Latar belakang Obama termasuk tak biasa buat seorang presiden AS, ayahnya adalah pelajar asal Kenya yang jarang hadir di kehidupan Obama, sementara ibunya membesarkan Obama seorang diri. 

Obama mengambil jurusan hukum di Harvard, dan sempat bekerja sebagai pengacara hak sipil di Chicago. Ia kemudian menjabat sebagai senator negara bagian Illinois pada 1996-2004, kemudian terpilih masuk Senat AS pada 2004. Obama mengalahkan Hillary Clinton sebagai kandidat pilihan Partai Demokrat, dan memenangkan pemilihan presiden 2008 dari kandidat Partai Republik John McCain.  

Kesuksesan bersejarah dalam masa kepemimpinan Obama termasuk meluncurkan program stimulus ekonomi, memperbaiki sistem asuransi kesehatan AS, mengatur Wall Street dan industri perbankan, serta menyelamatkan industri mobil nasional. 

Obama dan Partai Demokrat juga menghapus larangan yang membatasi homoseksual AS bertugas atau masuk ke militer.

Tidak ada komentar: