Sabtu, 17 November 2012

Guntur Beberkan Rahasia Bung Karno


Total ada 26 Kisah yang dituangkan Guntur dalam buku yang pernah diterbitkan 35 tahun silam itu. Kisah yang selalu diingat seorang anak presiden. Guntur menceritakannya dengan sangat sederhana dan menggunakan bahasa popular sehingga mudah dicerna.

Guntur juga tak segan menceritakan ‘rahasia’ terdalam sang ayah. Misalnya saja dalam hal kedekatan Bung Karno dengan wanita. Sudah menjadi rahasia umum, Presiden pertama RI itu begitu memuja kaum hawa.

Dalam bab Dialog, Guntur pernah dimintai pendapat Bung Karno tentang lukisan wanita Solo. Spontan, Guntur bilang kalau lukisan itu biasa-biasa saja. Tapi apa jawab Bung Karno? ”Ah, kamu belum lihat dia bugil di atas kasur.”

Selain itu, Guntur juga menceritakan betapa Bung Karno tak pernah takut dengan ancaman pihak asing. Dalam bab Penyelundupan Senjata, Guntur menuliskan keberanian Bung Karno yang membantu Aljazair untuk mengusir Prancis yang menjajahnya.

Bung Karno membantu negara di Afrika itu dengan mensuplai senjata. Hal ini membuat Guntur khawatir kalau aksi penyelundupan senjata akan membuat Indonesia mendapat sanksi dari PBB.

Tapi dengan gaya yang khas, Bung Karno menganggap enteng badan dunia itu. Dia akan mengentuti PBB berani memberi sanksi kepada Indonesia. Sumber

Tidak ada komentar: