Selasa, 30 Oktober 2012

Penghargaan SBY dari Ratu Inggris


Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan memperoleh gelar penghargaan dari Ratu Inggris Elizabeth II yang akan diberikan dalam kunjungan kenegaraannya nanti.

"Nama penghargaannya `Knight Grand Cross in the Order of Bath`. Ada tiga kelas dari order Bath dan Bapak Presiden yang tertinggi," kata Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah, melalui pesan singkat kepada ANTARA, Senin.

Menurut Faizasyah, penghargaan ini juga pernah diberikan kepada pemimpin asing di antaranya Presiden Amerika Serikat Ronald Reagen, Presiden Prancis Jaques Chirac dan Presiden Turki Abdullah Gul.
 
Knight Grand Cross in the Order of Bath merupakan kelas tertinggi dari Orde of The Bath. Penghargaan ini pertama kali diberikan oleh Raja George I pada 1725. Penghargaan ini diberikan kepada mereka yang memiliki prestasi menonjol baik dari kalangan militer ataupun masyarakat sipil.

Sementara itu, kunjungan kenegaraan Presiden Yudhoyono ke kerajaan Inggris kali ini untuk memenuhi undangan Ratu Elizabeth II, dan merupakan yang pertama setelah era Presiden Soeharto pada 1979.

Menurut Faizasyah, dalam kunjungannya ke Inggris nanti, selain bertemu dengan Ratu Elizabeth II, Presiden juga dijadwalkan akan bertemu dengan Pangeran Charles, Ketua Partai Liberal Demokrat Nick Clegg dan Pimpinan Oposisi Ed Miliband.

Presiden Yudhoyono juga akan menyampaikan pidato di beberapa forum, termasuk di antaranya di hadapan All-Party Parliamentary Group on Indonesia, Royal College for Defence Studies dan Wilton Park.

Presiden berangkat ke Inggris pada 30 Oktober dan akan mengakhiri kunjungan pada 3 November 2012. Dari Inggris Presiden langsung bertolak menuju Vientiane, Laos untuk melakukan kunjungan kenegaraan selama tiga hari. Kunjungan kenegaraan di Laos akan dirangkaikan dengan KTT ASEM ke-9 yang digelar di Vientiane.    Sumber

Tidak ada komentar: