Selasa, 16 Oktober 2012

Gunung Muria Tempat Wisata Kabupaten Kudus


Makam Sunan Muria

Makam Sunan Muria terletak di desa Colo Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus.
Berlokasikan di atas sebuah bukit. Sehingga para peziarah yang hendak berziarah harus menapaki anak tangga sejauh + 500 meter. Di kiri kanan anak tangga berderet kios para penjual makanan dan souvenir.
Bagi yang tidak kuat mendaki anak tangga bisa memilih jasa tukang ojek. Dengan jasa ini selain bisa menghemat energi, selama perjalanan kita akan disuguhi pemandangan yang menarik.

Air terjun Montel




Satu lagi objek wisata alam yang ditawarkan lereng Gunung Muria, yakni air terjun Monthel. Air terjun setinggi 25 meter tersebut masih satu kawasan dengan objek wisata alam Colo dan Makam Sunan Muria.

Bagi pengunjung Makam Sunan Muria atau objek wisata Colo, dapat mencapai air terjun ini dalam 30 menit dengan berjalan kaki. Terdapat jalan setapak sepanjang 1,5 kilometer bagi anda yang ingin berjalan kaki mencapai air terjun ini, dengan melintasi perkebunan kopi di lereng Gunung Muria.

Sementara bagi yang tidak kuat berjalan kaki, dapat memanfaatkan jasa ojek yang siap mengantar lebih cepat melalui jalan yang lebih bagus. Anda dapat menikmati kesegaran air dingin serta pemandangan indah di sekitar air terjun ini. Selain itu, pengunjung juga dapat mandi atau bermain di segarnya air pegunungan Muria, diiringi suara burung dan berbagai binatang hutan lainnya
Bumi Perkemahan Abiyoso

Terletak di kaki Gunung Abiyoso di desa Menawan Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Bumi Perkemahan ini pernah digunakan untuk menggelar Jambore Daerah Gerakan Pramuka Kwarda Jawa Tengah pada tahun 1996.

Makam Sunan Muria



Bagi anda penikmat wisata religi, satu lagi objek yang wajib dikunjungi ketika singgah di Kabupaten Kudus. Adalah Makam Sunan Muria Syeh R.Umar Sa'id yang berada di lereng Gunung Muria.

Untuk mencapai makam yang berada satu kompleks dengan Masjid Sunan Muria ini, anda harus melalui ratusan anak tangga dari pintu gerbang. Di sepanjang anak tangga tersebut banyak dijual beragam cinderamata, jajanan, dan sebagainya.

Sejumlah peninggalan Sunan Muria masih dapat dijumpai, seperti bangunan masjid beratap Joglo bertingkat tiga dan beratap kayu sirap.

Selain itu, anda juga dapat menikmati bahan bangunan lama seperti tempat salat imam, fondasi empat soko masjid atau 'umpak', juga sebuah bedug yang dibuat tahun 1834. Lokasi wisata religi ini berjarak sekitar 18 kilometer dari pusat kota Kudus. 

Objek Wisata Colo
 


Gunung Muria memberi nuansa tersendiri bagi wisatawan, khususnya
mereka yang menggemari alam pegunungan. Objek Wisata Colo yang berada di lereng Gunung Muria ini menjadi lokasi rekreasi dan tujuan wisata yang berbeda dibanding objek wisata pegunungan lain. 

Anda dapat menikmati seluas-luasnya pemandangan pengunungan berupa hutan Pinus dan berbagai tanaman keras lainnya. Dibanding lokasi wisata pegunungan lain yang telah penuh sesak dengan bangunan, Colo yang berada di ketinggian 1.602 meter di atas permukaan laut tetap sejuk, alami, dan sangat cocok dijadikan tujuan rekreasi keluarga.

Meski demikian, masih tersedia penginapan bagi anda yang ingin menikmati wisata alam pegunungan ini, walaupun jumlahnya tidak terlalu banyak. Lokasi rekreasi ini masih menjadi satu bagian dengan sejumlah objek wisata lain di kawasan Gunung Muria, seperti air terjun Monthel dan Makam Sunan
Muria.

Gua Jepang
 


Bagi anda penikmat wisata sejarah, kabupaten Kudus menawarkan satu
objek wisata berupa goa peninggalan masa penjajahan Jepang.

Gua yang dijadikan sebagai tempat perlidungan tentara Jepang pada masa Perang Dunia II ini memiliki panjang sekitar 100 meter, dengan diameter sekitar dua meter. 

Gua Jepang masih berada di sekitar kawasan pegunungan Muria, berjarak sekitar satu jam dari objek wisata Colo.

Udara sejuk dan segar di kawasan gua ini akan membuat anda betah dan nyaman untuk berekreasi di objek wisata bersejarah ini.                

Tidak ada komentar: