Rabu, 05 September 2012

SBY-Hillary Clinton Tak Bahas Papua dan Freeport


Presiden SBY tak membahas masalah rencana Indonesia untuk melakukan negosiasi ulang terhadap kontrak karya pemerintah dan PT Freeport Indonesia dalam pertemuannya dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton.


"Masalah itu sama sekali tidak dibahas," kata Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa di kantor Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 4 September 2012.


Menurut Marty, tidak dibahasnya masalah renegosiasi Freeport oleh Presiden SBY dan Hillary merupakan sesuatu yang dapat dipahami. "Karena ini tidak menyangkut pemerintah Amerika Serikat dan pemerintah Indonesia. Jadi masalah itu tidak dibahas," ujar Marty.


Selain itu, Marty mengatakan, pertemuan juga tak membahas masalah kondisi di Papua dan Papua Barat. "(Masalah itu) sama sekali tidak dibahas. Jadi semata-mata (membahas) masalah bilateral, regional, dan global," ucap dia.


Pertemuan SBY dengan Hillary berlangsung selama sekitar 45 menit, mulai pukul 09.30, di kantor Kepresidenan. Hillary tiba di Indonesia sejak Senin sore kemarin. Sebelum bertemu Presiden SBY, istri mantan Presiden Bill Clinton ini juga mengadakan pertemuan dengan Menteri Marty di kantor Kementerian Luar Negeri, Senin malam kemarin. Sumber

Tidak ada komentar: