Rabu, 26 September 2012

Kejujuran Modal Penting Sebagai Manajer Artis


Tertarik untuk bekerja menjadi manajer artis? Modal yang Anda miliki sebenarnya cukup sederhana yaitu kejujuran. Soal kejujuran ini ditekankan oleh manajer Slank, Bunda Iffet.

"Kita kan boleh dikata jualan ya supaya dapat uang, jadi kita mesti jujur," ujar Bunda Iffet yang sudah menjadi manajer Slank sejak 2006.

Pendapat sama juga diungkapkan oleh manajer Syahrini, Aisyahrani. "Jujur itu penting. Jujur sama artisnya soal mengelola keuangan dan segala macam, keluar masuknya honor. Karena itu yang buat artisnya nyaman," ujar wanita yang akrab disapa Rani itu saat berbincang dengan wolipop Jumat (21/9/2012).

Pendiri dan CEO Avatara 88 Sulung Landung memberikan pesan yang sama kepada para artis yang sedang mencari manajer. "Dia harus memilih manajer profesional, jujur, bisa dipercaya, mau bekerja keras. Yang penting harus bisa dipercaya," ujar Sulung yang manajemennya menanungi sederet selebriti ternama seperti Sigi Wimala, Cathy Sharon, Julie Estelle, Dion Wiyoko dan masih banyak lagi itu.

Kejujuran memang sangat penting ketika Anda memutuskan untuk menjadi manajer artis. Namun meski sudah menekankan kejujuran, antara artis dan manajernya sebaiknya tetap harus ada perjanjian hitam di atas putih. Rani, yang selain manajer sebenarnya adalah adik kandung Syahrini mengatakan meskipun keluarga, kontrak kerja berkekuatan hukum itu tetap dibuatnya. "Harus ada hitam di atas putih yang dibuat oleh pengacara," katanya.

Sementara itu menurut Sulung, kontrak ini penting dibuat agar masing-masing pihak menyadari hak dan kewajibannya. Kontrak tersebut juga menjadi bukti otoritas bahwa orang itu memang menangani artis tersebut jika sewaktu-waktu mendapat pertanyaan dari klien. "Biasanya sebelum menyepakati kontrak, manajer dan artis terlebih dulu menegosiasikan kesepakatan," tulis Sulung dalam bukunya 'Artis Management 101, Jalan Panjang Lahirkan Bintang'.

Kontrak kerja inilah yang nantinya juga bisa jadi penentu arah hubungan artis dan manajernya, apakah memang sebatas profesional atau juga mengurusi masalah pribadi. Untuk Sulung, sejak awal sudah menentukan kalau dia adalah seorang business manager. Pria kelahiran Pematang Siantar ini hanya ingin mengurus masalah profesional dan karier. Meski begitu jika artis yang ditanganinya butuh tempat curhat, dia selalu membuka tangannya.

"Saya tidak ikut campur urusan kehidupan pribadi mereka. Tapi saya tidak menutup diri, saya mendengarkan keluhan mereka atau curhatan mereka, seperti adik sendiri," tuturnya saat berbincang dengan wolipop Jumat (21/9/2012).

Jika Sulung Landung hanya mau mengurus masalah profesional, Bunda Iffet berbeda. Hubungan keluarga dengan Bimbim dan kedekatannya dengan seluruh personel Slank, membuatnya juga ikut masuk dalam kehidupan pribadi.

"Segala macam keluhan istrinya datangnya ke bunda, minta tolong sama bunda. Bunda sebagai manajer dan ibu dari mereka," katanya.

Meski cukup dekat dengan personel Slank, Bunda Iffet tetap bisa menempatkan diri kapan harus jadi ibu dan manajer yang tegas. "Bunda selalu mengajarkan mereka supaya jangan merasa dirinya artis dan harus nurut sama manajemen," jelasnya. Sumber

Tidak ada komentar: