Minggu, 22 Juli 2012

9 Pencapaian di Bulan Ramadhan ini


Sudahkah anda menetapkan tujuan-tujuan yang ingin anda capai di bulan Ramadhaan ini ? Ataukah menjalani apa adanya tanpa target-target tertentu ? Ya, tidak masalah saya kira. Akan tetapi, jika anda mau, mungkin ide berikut bisa anda lakukan sebagai 9 target untuk anda capai di bulan Ramadahan ini, walaupun sudah berjalan, tapi tidak apa-apa daripada tidak sama sekali.
  • Makan & minum secara biasa.
Marilah kita coba konsisten patuh pada aturan Nabi dalam hal makan : mengisi perut kita dengan sepertiga makanan, sepertiga air dan sepertiga ruang bernapas, termasuk pada bulan Ramadhan.
  • Berinfaq/shodaqoh setiap hari
Jika tahun lalu tidak melakukannya, Ramadhan tahun ini mungkin anda bisa memulainya dengan Rp 1.000, 5.000, 10.000, dst. semampu anda. Asal benar-benar ikhlas, Insya Allah akan mendapat ganti yang lebih besar.
  • Menghafal 4 surah baru
Karena ada empat minggu di bulan Ramadhan, maka cobalah untuk menghafal satu surah baru setiap minggu. Setelah Anda mulai, Anda akan memperoleh momentum sehingga mungkin ingin menghafal lagi satu minggu berikutnya.
  • Sholat Tarawih
Setelah selesai berbuka puasa, dorongan yang paling kuat adalah untuk tidur atau berisitirahat setelah melewati hari yang melelahkan. Tapi cobalah yang terbaik yakni dengan pergi ke masjid untuk sholat Tarawih. Sholat sendiri memang tidak masalah, akan tetapi melakukannya dengan berjamaah di mesjid akan terasa lain.
  • Menghentikan memaki dan atau bergunjing – dengan kotak khusus
Jika anda merasa sulit mengendalikan mulut, cobalah cara ini : sediakanlah sebuah kotak, dan masukanlah sejumlah uang kedalam kotak tersebut setiap kali Anda memaki atau bergunjing.  Pada akhir bulan, gunakanlah uang tersebut untuk amal atau membeli hadiah untuk diberikan kepada orang-orang yang telah Anda maki atau anda pergunjingkan.
  • Hubungilah kerabat Anda
Mempererat tali silaturahmi dengan anggota keluarga maupun dengan teman-teman adalah bagian dari cara hidup Islam. DI bulan Ramadhan ini, perbanyaklah komunikasi dengan mereka melalui berbagai cara dan fasilitas yang tersedia. Entah email, telpon, SMS, bahkan jejaring sosialpun mungkin tidak masalah..
  • Lakukan diet teknologi
Bahkan jika Anda bekerja di industri IT, Anda bisa melakukan ini. Hindari mengecek email pribadi dan berselancar di web selama anda berpuasa. Setelah berbuka puasa, pergilah sholat Tarawih, hentikan kebiasaan menghabiskan waktu di depan monitor. Hal yang sama berlaku untuk televisi. Intinya adalah mencoba memberikan perhatian kita sepenuhnya untuk pengembangan sisi rohani kita selama bulan puasa ini.
  • Membaca al Qur’an setidaknya selama 5 menit sehari
Sesibuk apapun anda, pasti anda memiliki waktu untuk disisihkan untuk membaca al Qur’an. Anda dapat membaca halaman pertama dari Quran dan membacanya secara berurutan, ataupun membaca surah-surah pilihan anda. Intinya adalah bahwa anda selalu terhubung setiap hari dengan Allah melalui wahyu-Nya di dalam al Quran yang pertama kali diturunkan pada bulan Ramadhan ini.
  • Maafkan semua orang yang telah menyakiti Anda
Masih punya luka bernanah dari perselisihan dengan teman Anda tahun lalu? Masih marah terhadap perkataan pasangan anda selama perdebatan sengit? Atau Anda masih merasakan pahitnya sikap & omongan orang tua Anda dalam memperlakukan Anda sebagai seorang anak?
Buanglah kemarahan dan rasa sakit di bulan Ramadhan ini,  dan maafkanlah mereka yang telah menyakiti Anda. Di bulan Ramadhan ini, terlebih pada sepuluh hari terakhir, merupakan hari-hari khusus untuk pengampunan Allah. Jadi bukankah sudah seharusnya kitapun sebagai makhluk yang lebih rendah memberi ampunan juga?

Tidak ada komentar: