Rabu, 25 Juli 2012

10 MASJID TERINDAH DIDUNIA


Masjid Faisal merupakan masjid terbesar di Islamabad, Pakistan. Masjid yang didesain oleh Vedat Dalokay ini berbentuk kemah gurun Bedouin. Pembangunannya selesai pada tahun 1986.


      Masjid Raya Baiturrahman Aceh Indonesia, ini merupakan masjid yang dianggap sebagai symbol Aceh, khususnya sejak kejadian bencana tsunami tahun 2004. Desain masjid ini dipengaruhi gaya khas Belanda dan India Moghul, tak lepas pengaruh local juga membuat desain masjid ini terlihat menarik.


       Masjid Taj-Ul  sesuai namanya merupakan “mahkota para masjid” Konstruksi masjid ini dimulai oleh Sultah Shah Jahan, pemimpin Bhopal.  Karena masalah dana pembangunan masjid ini terhambat, pembangunannya sampai tahun 1971. Masjid ini dianggap menjadi salah satu masjid terindah di India.


       Masjid Badshahi berada di Lahore Pakistan. Mampu mengakomodasi  5.000 jamaah di dalamnya dan didesain dengan arsitektural gaya mughal yang kental. Masjid ini dibangun oleh Aurangzeb pada tahun 1671


Great Mosque of Xi’an berlokasi didekat Drum Tower provinsi Shaanxi Cina. Masjid berdesain khas Cina ini merupakan salah satu yang tertua di dunia. Dibangun pada tahun 742


       Masjid Jamek merupakan masjid tertua di Kuala Lumpur Malaysia. Didesain oleh Arthur Benison Hubback, masjid ini dipengaruhi arsitektur khas Moors yang merupakan desain khas Afrika Utara.


       Masjid Muhammad Ali Pasha di Kairo. Merupakan masjid terbesar yang pernah dibangun pada awal abad 19. Dibuat sebagai simbol mengenang Tusun Pasha, anak tertua Muhammad Ali Pasha yang meninggal pada tahun 1816. Sampai saat masjid ini masih jadi daya tarik favorit mereka yang mengunjungi Kairo Mesir.


       Masjid Sultan Ahmed disebut juga sebagai Masjid Biru karena tembok bagian dalam yang didominasi  warna biru. Dibangun pada tahun 1609. Masjid ini kental dengan nuansa desain klasik Ottoman dan menjadi daya tarik turisme Istanbul Turki.


Sisi Kesejarahannya, kemegahan dan keindahannya membuat Masjid An-Nabawi dianggap sebagai masjid tersuci kedua bagi umat islam sedunia. Dibangun pada era Nabi Besar Muhammad SAW dikota Madinah. Desain Masjid ini banyak diadaptasi oleh para arsitek sebagai cetak biru desain masjid dunia.


       Masjidil Haram, Mekah. Kiblat dan tempat paling suci bagi umat Islam dunia. Menjadi saksi berdirinya Islam. Masjid ini merupakan tujuan haji sebagai rukun Islam ke lima. Pusat Masjid ini adalah Ka’bah yang menjadi kiblat umat Islam. Konstruksi awal Ka’bah sendiri sebenarnya sudah dibangun oleh Nabi Adam AS, seiring waktu berjalan, Ka’bah dilupakan dan dihancurkan. Nabi Ibrahim AS membangunnya kembali struktur masjid suci ini dibangun diatas tanah seluas 88,2 hektar.

Sumber : Klik






Tidak ada komentar: