Senin, 29 Oktober 2012

Perkenalan Dengan Windows Phone 8


Microsoft baru saja meluncurkan sistem operasi terbarunya, Windows 8, Jumat, 26 Oktober 2012, di New York. Sistem operasi ini mengalami perubahan besar dibandingkan sistem operasi sebelumnya.


Beberapa pengamat gadget membandingkan besarnya perombakan ini dengan sistem operasi Windows 95, yang secara maksimal memanfaatkan antarmuka grafis. Ada dua sistem operasi yang diluncurkan, yaitu Windows 8 dan Windows RT, yang merupakan versi ringan.


Laptop dan desktop, yang menjalankan sistem operasi Windows 8, bisa menjalankan semua aplikasi Windows Office yang lebih lama. Sebaliknya, jika peranti berbasis Windows RT, hanya bisa menggunakan aplikasi yang dirancang khusus untuk sistem ini.


Instalasi :
Instalasi Window 8 membutuhkan waktu sekitar sepuluh menit. Jika upgrade dilakukan pada peranti berbasis Windows 7, setting, file pribadi, dan aplikasi yang ada sebelumnya masih tetap bisa digunakan.

Antarmuka

Antarmuka yang digunakan pada sistem operasi Windows 8 menggunakan pola baru. Ikon, yang tadinya berbentuk kotak kecil, digantikan kotak persegi panjang yang hidup alias terus ter-upadate. Ini mirip dengan fungsi widget, yang tampilan luarnya terus berubah sesuai isi.


Pada layar utama, ikon-ikon kotak ini bisa dikelompokkan dalam satu kelompok baru. Tampilan layar bisa zoom-in dan zoom-out dengan gerakan telunjuk dan jempol untuk melihat dari dekat atau jauh.


Charm

Pada sisi kanan layar, ada fitur bernama Charm yang berisi setting, search, berpindah tampilan layar dan berbagi konten. Ini untuk memudahkan navigasi dari satu tampilan ke tampilan lainnya. Tidak ada tombol start, yang biasanya ngetem di sudut kiri layar bagian bawah.


Meskipun dirancang khusus untuk menggunakan sentuhan bernavigasi, sistem operasi Windows 8 ini tetap bisa dioperasikan dengan tetikus dan shortcut dari papan kunci. Ini agar transisi ke sistem baru tersebut tidak terlalu mengejutkan bagi para pengguna lama Windows.


Contohnya: jika Anda mengetikkan 'Cal', semua aplikasi berawalan sama akan muncul di layar utama. Lalu Anda tinggal memilih aplikasi yang ingin diaktifkan. 


Setelah resmi melepas Windows 8 ke pasaran, kini Microsoft memperkenalkan Windows Phone 8, sistem operasi terbarunya untuk smartphone.Dalam acara yang digelar di San Francisco, Senin (29/10) waktu setempat, Microsoft juga tak lupa mengungkap 5 smartphone dari Nokia, HTC, dan Samsung yang telah dibekali OS ini.>Saat diluncurkan, Windows Phone 8 telah memiliki lebih dari 120 ribu aplikasi. OS tersebut juga tersedia dalam 50 bahasa dengan aplikasi yang sudah bisa diakses di 191 negara.>Salah satu fitur baru yang diunggulkan adalah Live Apps, dimana dalam posisi Lock Screen, pengguna tetap bisa terintegrasi dengan wallet dan aplikasi lainnya.>Microsoft pun menggandeng Facebook sebagai partner mereka di Windows Phone 8. Dengan kerjasama ini, pengguna bisa membuat lock screen mereka selalu update dengan foto-foto di Facebook.>Pengguna juga akan menemui versi terbaru dari aplikasi terpopuler seperti Twitter dan Skype. Khusus untuk Skype, versi ini diklaim lebih nyaman digunakan dan lebih hemat baterai.>Dengan berbagai hal menarik itu, Microsoft berharap dapat bersaing ketat dengan iOS dan Android. Apalagi kini mereka telah menggenjot kehadiran aplikasi-aplikasi baru, yang selama ini menjadi andalan para pesaingnya.


Tidak ada komentar: