Sabtu, 27 Oktober 2012

Liburan Jumlah Pengunjung Ancol Naik


Puluhan ribu pengunjung dari Jakarta dan sekitarnya memadati kawasan Ancol hari ini. Mereka ingin menghabiskan momen libur Idul Adha tahun ini bersama keluarga. Humas Pembangunan PT Jaya Ancol, Aldhita Prayudi Putra, mengatakan selama tiga hari liburan Idul Adha ia menargetkan adanya 250 ribu pengunjung.
Libur, Jumlah Pengunjung Ancol Naik Tiga Kali Lipat.


"Hingga pukul 15.00 WIB hari ini, jumlah pengunjung sudah mencapai 50 ribu orang," ujarnya, Jumat, 26 Oktober 2012.


Jumlah tersebut diperkirakan akan bertambah pada malam hari hingga 70 ribu pengunjung yang sudah ditargetkan perusahaan. Ia memprediksi puncak pengunjung terjadi esok Sabtu hingga hari Minggu. "Kami perkirakan bisa dikunjungi hingga 100 ribu orang," kata Aldhita.


Menurut dia, jumlah pengunjung Ancol saat liburan Idul Adha kali ini meningkat hingga tiga kali lipat dibanding hari biasa. Rata-rata jumlah pengunjung pada setiap hari kerja hanya 15 ribu pengunjung, sementara hingga sore tadi pengunjung sudah mencapai 50 ribu orang.


Beberapa lokasi yang biasa dijadikan buruan atau tempat favorit pengunjung adalah Pantai Indah, Beach Pool, Ecopark, Dufan, Atlantis Water Adventure, dan Ocean Dream Samudera.


Namun, lanjut Aldhita, angka ini masih jauh bila dibandingkan dengan jumlah pengunjung saat Idul Fitri tiba. Dalam catatannya, tak kurang 120 ribu pengunjung masuk hingga pukul 15.00 WIB. "Kebanyakan pengunjung yang datang dari Jabodetabek, dan sebagian dari luar Pulau Jawa," ujarnya.


Besarnya animo pengunjung tidak mempengaruhi penjualan harga tiket masuk (HTM). Harga tiket yang dijual petugas sama dengan hari biasa, yakni Rp 15 ribu per orang untuk tiket masuk, Arena Dunia Fantasi Rp 250 ribu per orang, dan Atlantis sebesar Rp 110 ribu per orang. "Sementara harga tiket masuk Samudera dibanderol Rp 80 ribu per orang," kata dia.


Ia mengakui, hingga kini belum ditemukan informasi orang hilang, termasuk korban kecopetan dan kehilangan barang yang kerap dialami pengunjung saat liburan. Manajemen sedikitnya mengerahkan 220 petugas untuk mengamankan kelancaran wisata di Ancol.


Meskipun ramai, lanjut dia, lalu lintas di sekitar area wisata Ancol terpantau lancar. Luasnya lahan parkir serta kesigapan petugas menyebabkan pengunjung leluasa berwisata di area milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tersebut.


Untuk lahan parkir mobil, manajemen menyiapkan kapasitas 12 ribu kendaraan, sementara parkir motor sedikitnya menampung 15 ribu unit. "Rata-rata pengunjung datang menggunakan bus rombongan dan kendaraan pribadi, baik motor maupun mobil," ujar Aldhita.

Tidak ada komentar: