Pasar BMW di Indonesia mematahkan tradisi penjualan
globalnya. Seperti dalam catatan internasional, produk mereka yang
paling laku dan menjadi tulang punggung adalah 3 Series. Namun rupanya
tidak demikian di pasar Tanah Air, yang dalam catatannya didominasi oleh
barisan BMW 5 Series.
"Sampai September ini, penjualan BMW sudah mencapai 1.600 unit atau
naik 43 persen dibanding tahun lalu dengan 1.117 unit. BMW 5 Series
paling atas, terjual sebanyak 517 unit. BMW 3 Series di urutan kedua
dengan 456 unit, model X1 sebanyak 311 unit, serta X3 dan X5
masing-masing 104 unit dan 48 unit," papar Corporate Communication
Director PT BMW Group Indonesia Helena Abidin dalam peluncuran BMW
Seri-3 rakitan lokal di Sunter, Jakarta Utara.
Helena Abidin menambahkan bahwa hasil September itu sendiri telah
melewati penjualan total tahun lalu dengan 1.551 unit. Oleh karenanya,
ia yakin target penjualan tahun ini sebanyak 2.000 unit dapat dicapai.
BMW Seri-3 diklaim sebagai model terlaris dengan perhitungan
penjualan 30 persen dari total penjualan tahunan merek BMW, termasuk
sepeda motor. Modelnya yang mengutamakan desain dan dimensi kompak
menjadi salah satu faktor penunjang.
PT BMW Indonesia sendiri beberapa hari lalu merakit secara lokal BMW
328i dan BMW 320i di pabrik Gaya Motor, Sunter. Namun memang perakitan
secara lokal tidak memberi pengaruh pada harga jual.
BMW 328i varian Luxury Line dan Sport Line sendiri tetap dijual Rp
729 juta, sementara BMW 320i Luxury Line dan Sport Line masing-masing
beda harga, yakni tetap dengan Rp 649 juta dan Rp 599 juta. Semua harga
masih dengan status sebelum pajak. Sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar