Kamis, 02 Agustus 2012

Kiat Memilih Hotel di Internet

Dengan kemajuan teknologi, sebenarnya kita dapat mengatur sendiri perjalanan, mulai dari memesan hotel, tiket transportasi, maupun tiket masuk tempat wisata melalui Internet. Namun tidak semua orang familiar melakukan hal tersebut. Berikut kiat memilih hotel di Internet:
Sebelum berangkat, pastikan Anda sudah bisa langsung menempati hotel pilihan via internet. (Jupiterimages)
Situs penyedia jasa pemesanan hotel
Pertama-tama yang harus Anda cek adalah situs informasi rinci tentang berbagai hotel sekaligus layanan pesanannya. Umumnya tiap informasi hotel dilengkapi dengan keterangan fasilitas, lokasi, harga dan jenis kamar berikut fotonya, ketersediaan (availability) serta penilaian orang-orang yang pernah menginap di hotel itu. Penilaian ini menyangkut keamanan, kebersihan, keramahan, kenyamanan dan keterangan tambahan seperti misalnya “terlalu berisik karena dekat terminal”. Situs jenis ini sekarang banyak sekali tersedia di Internet. 

Beberapa situs mengkhususkan diri hanya di segmen menengah atas (hotel berbintang) atau menengah bawah (hostel, guesthouse). Namun ada juga yang “palugada” alias apa-aja-lu-mau-gue-ada. Layanannya meliputi hotel aneka kelas, guesthouse, hostel, apartemen, flat, bahkan rumah sewa.

Jika Anda ingin benar-benar mendapat penawaran menarik, sebaiknya rajin mengunjungi situs-situs tersebut, meneliti daftar hotel yang tersedia kemudian membandingkannya satu per satu. Penting juga untuk melihat peringat penilaian sehingga Anda mendapat gambaran jelas tentang hotel tersebut. Biasanya, meskipun tiap hotel diulas oleh pengguna jasanya masing-masing, peringkat hotel tidak akan berbeda jauh antara situs yang satu dengan yang lain. Contohnya hotel A di situs X mendapat review 90 persen baik, bisa jadi di situs Y 85 persen sedangkan di situs Z 80 persen. 

Situs hotel resmi
Tiap situs dengan layanan seperti di atas memiliki jatah jumlah kamar yang berbeda untuk masing-masing hotel. Kalau semua situs tersebut tidak dapat memenuhi kebutuhan Anda, saatnya mengunjungi situs resmi hotel yang diinginkan. Umumnya harga kamar di situs hotel resmi lebih mahal, tetapi kemungkinan tersedia lebih tinggi. Keuntungan lainnya, Anda dapat berhubungan langsung dengan staf hotel untuk negosiasi harga atau meminta layanan tambahan seperti antar-jemput gratis ke bandara, misalnya. 

Forum/milis
Sumber informasi yang dapat dipercaya lainnya adalah forum, karena biasanya menjadi tempat komplain atau curhat pengunjung yang kecewa. Dengan demikian akan lebih mudah bagi Anda untuk mencoret hotel yang kurang baik sehingga mengurangi daftar hotel yang harus dibandingkan. 

Bila Anda termasuk penggemar berat jalan-jalan, ada baiknya mengikuti milis jalan-jalan yang gayanya sesuai dengan minat. Dengan mengikuti milis, Anda bisa mendapat berbagai informasi sekaligus menanyakan atau diskusi dengan anggota milis lainnya mengenai hotel maupun hal lain.

Sistem pembayaran
Umumnya pembayaran online dilakukan dengan menggunakan kartu kredit. Ada yang mengharuskan pembayaran penuh, namun ada juga yang hanya uang muka (biasanya 10% dari total tagihan) kemudian sisanya dibayarkan saat cek-in. Untuk konfirmasi pemesanan, pihak situs akan mengirim email yang isinya nama, identitas, jenis kamar, tanggal inap, uang muka yang sudah Anda bayar dan sisa tagihan.

Catat
Print email itu dan bawalah pada saat cek-in di hotel. Namun sebelum tiba, pastikan Anda mencatat alamat hotel dan nomor telepon dengan lengkap karena kadang di situs alamatnya kurang lengkap atau tidak mutakhir. Dan yang terpenting Anda mengetahui cara mencapai hotel tersebut, misalnya bagaimana mencapainya dari bandara. Sumber: Klik

Tidak ada komentar: