Minggu, 22 Juli 2012

Pentingnya Kedekatan & Kasih Sayang Ibu


Kedekatan dan kasih sayang seorang ibu terhadap anaknya merupakan salah satu hal penting yang mutlak harus ada. Kedekatan dan kasih sayang bisa diartikan sebagai hubungan timbal balik, kebersamaan secara emosi dan fisik antara anak dan ibunya. Kondisi ini terjadi karena adanya hubungan batin antara seorang anak dengan ibunya atau kedua orang tuanya. Hal ini pada umumnya terjadi pada 2 tahun pertama kehidupan seorang anak. Ikatan batin terbentuk pada saat terpenuhinya kebutuhan seorang bayi, khususnya pada tahun pertama perkembangan anak tersebut.
Kebutuhan seorang anak pada tahun-tahun pertama adalah:
  • Sentuhan
  • Tatapan mata
  • Gerakan
  • Senyum
  • Makanan
Idealnya, seorang ibu mesti mengenali kebutuhan-kebutuhan tersebut melalui cara mereka menanggulangi tangisan anak pada saat bayi. Kebutuhan sentuhan dan kedekatan seorang anak terpenuhi pada saat ibu menyusui  anak. Pada saat itu ibu menatap anak dengan kasih dan memeluk anak dengan erat. Melalui kedekatan  dan interaksi tersebut terbentuklah hubungan batin antara ibu sebagai pengasuh dengan anaknya. Anak belajar percaya bahwa dunia di luar aman; bahwa mereka bisa percaya terhadap orang lain – mereka akan dibantu. Melalui rasa aman, anak berani untuk menelusuri dunia luar. Kemampuan untuk mempelajari dunia luar merupakan pelajaran yang penting bagi perkembangan anak.
Pentingnya kasih sayang
Kekuatan ikatan batin antara anak dan ibu tampak dengan jelas. Anak yang mendapat kasih sayang dari ibunya biasanya lebih toleran, tidak agresif dan lebih mudah menerima orang lain. Di kemudian harinya anak ini akan tampil lebih cakap dan lebih simpati pada saat mereka berhubungan dengan sesamanya. Pada saat bermain, anak ini lebih mempunyai banyak waktu untuk eksplorasi.  Mereka lebih bersemangat, antusias, gigih, dan lebih dapat meminta dan menerima pertolongan dari ibunya. Mereka lebih mempunyai rasa ingin tahu, bisa mengarahkan diri, dan biasanya lebih berhasil diukur melalui test perkembangan dan bahasa.  Ikatan batin adalah rangka dari kehidupan seorang anak dan merupakan kunci masa depan bagi keberhasilan seorang anak.
Kasih sayang dan kedekatan sangat penting untuk masa  perkembangan anak yang sehat dan  merupakan dasar dari kepribadian yang baik, termasuk memberi pengaruh terhadap tingkat kecerdasan anak. Selain itu, untuk tercapainya pemenuhan tingkat kecerdasan tersebut, diperlukan juga :
  • Kemampuan berpikir logis
  • Pembentukan kata hati (hati nurani)
  • Kemampuan untuk mengatasi stres dan frustasi.
  • Bisa mengandalkan diri sendiri
  • Terbentuknya hubungan relasional
Pemenuhan kelima hal di atas hanya bisa dilakukan apabila ada kedekatan antara orang tua dengan anaknya, serta kasih sayang yang selalu menyertai perkembangannya. Manakala seorang anak tidak merasakan kedekatan serta kasih sayang orang tuanya, terlebih dari ibunya, kemungkinan besar ia akan memiliki masalah baik dalam hal sikap/perilaku, emosi, hubungan sosial, cara pikir dan proses mental, respon fisik, maupun dalam batiniah dan perkemabang moralnya.

Tidak ada komentar: