Minggu, 03 Mei 2015

Strategi Memanfaatkan YouTube

Ukur kesuksesan Anda Strategi untuk memanfaatkan YouTube Analytics sebaik mungkin

Ide utama
YouTube Analytics adalah denyut nadi saluran Anda. Alat ini dapat memberikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti, yang menunjukkan cara pemirsa menemukan konten Anda, seberapa terlibat pemirsa dengan video Anda, seberapa efektif Anda dapat mengubah satu penayangan menjadi beberapa penayangan, dan memberi Anda petunjuk tentang cara mengubah pemirsa biasa menjadi pelanggan setia.
Koleksi video ini memiliki 5 pelajaran. Klik "Mulai pelajaran" untuk mengakses video, kegiatan, dan kuis.



1. Tentang YouTube Analytics 
Ukur kesuksesan Anda di YouTube
YouTube Analytics dapat membantu mengukur hal-hal mana saja yang berhasil dan memberi cara-cara untuk membuat saluran Anda jadi kian terkenal. YouTube Analytics memberikan wawasan tentang apa yang suka ditonton pemirsa dan yang membuat mereka terlibat dengannya, sehingga Anda dapat membuat keputusan untuk meningkatkan penawaran saluran dan waktu menonton.

Praktik terbaik

Bagaimana Anda tahu bahwa saluran berkinerja baik? YouTube Analytics dapat mengungkap tren yang berguna untuk menunjukkan  hal-hal mana saja yang berjalan dengan baik dan mana yang bisa ditingkatkan lagi. Dengan mengeksplorasi berbagai karakteristik utama dari perilaku pemirsa, Anda dapat menentukan cara mereka menanggapi video Anda di masa depan. Anda dapat menganalisis lintasan pertumbuhan di YouTube dengan memeriksa empat kategori informasi: bagaimana pemirsa menemukan video Anda, apa yang disukai pemirsa, apa yang membuat pemirsa menonton lebih lama, dan bagaimana perilaku pelanggan utama Anda.


2. Cara pemirsa menemukan video Anda
Memahami pola penemuan dan penayangan
Memahami cara pemirsa berinteraksi dengan konten Anda dapat mengungkapkan berbagai pola berguna dan meningkatkan kemampuan Anda dalam membuat konten yang lebih memikat.

Strategi

Bila Anda ingin membangun khalayak pemirsa, penting untuk mengetahui siapa yang melihat video Anda, bagaimana mereka menemukan video, dan berapa lama mereka menonton video tersebut. Setelah memahami pemirsa, sesuaikanlah video agar lebih mudah ditemukan dan memberikan lebih banyak konten yang diinginkan oleh pemirsa. Hal ini dapat membantu Anda menjangkau lebih banyak orang, menjaga pemirsa tetap puas, dan menumbuhkan jumlah penayangan dalam jangka panjang. Di sini, Anda dapat belajar cara menggunakan laporan demografi, penayangan, lokasi pemutaran, dan perangkat untuk memahami pemirsa dan mengevaluasi cara terbaik untuk menyiapkan video.



3. Pelajari hal-hal yang dapat memikat pemirsa
Maksimalkan daya tarik saluran dan dapatkan pemirsa lebih banyak lagi.
Saat membangun pemirsa di YouTube, penting untuk memahami demografi dan preferensi Anda, sehingga Anda akan lebih mampu menyesuaikan konten yang dapat menjangkau dan memikat kelompok penggemar inti.

Strategi

Memahami cara pemirsa berinteraksi dengan konten Anda dapat mengungkapkan berbagai pola berguna dan meningkatkan kemampuan Anda untuk membuat konten yang lebih memikat. Video yang tidak berhasil mempertahankan pemirsa kemungkinannya jauh lebih kecil untuk sering ditampilkan dalam Penelusuran dan Video yang Disarankan di YouTube, sehingga sangat penting untuk membuat konten yang membuat orang terlibat dan menonton sebanyak mungkin. Tahukah Anda mengapa pemirsa hanya menonton video tertentu sampai habis, sementara sebagian lain ditinggalkan hanya dalam beberapa detik pertama, atau di tengah-tengah video? Gunakan YouTube Analytics untuk membantu Anda menentukan video mana yang paling disukai pemirsa, bagaimana mereka berinteraksi dengan konten tersebut, dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mendorong mereka untuk tetap menonton video sampai akhir.



4. Pahami sesi menonton
Tawarkan video lainnya dan jaga permirsa agar terus menonton.
Penggemar sangat penting dalam kesuksesan Anda di YouTube dan melibatkan pemirsa yang ada lebih mudah daripada menemukan yang sama sekali baru. Cari tahu berapa banyak video yang ditonton pemirsa dan apakah Anda berhasil menarik mereka untuk menonton lebih banyak lagi.

Strategi

Melibatkan pemirsa yang ada lebih mudah daripada menemukan pemirsa yang sama sekali baru. Dorong pemirsa untuk mengunjungi lebih banyak lagi konten Anda menggunakan kartu akhir, anotasi, dan daftar putar. Lalu gunakan YouTube Analytics untuk mengetahui seberapa efektif strategi ini.



5. Pelajari pelanggan Anda
Pahami dan kembangkan jumlah penggemar berat Anda
Pelanggan terbukti menonton video dua kali lebih banyak dibandingkan dengan pemirsa biasa. Karena itu, buat pengalaman menonton yang dapat mengubah pelanggan menjadi penggemar setia. Cari tahu seberapa baik Anda membangun komunitas pemirsa dan mengubah mereka menjadi penggemar.

Strategi

Pelanggan telah terbukti menonton lebih banyak video daripada pemirsa non-pelanggan, sehingga hal ini membantu saluran Anda dalam mengubah pemirsa biasa menjadi penggemar setia. Anda dapat melakukannya dengan membuat konten hebat dan melibatkan pemirsa (berkomentar, menyukai, melakukan ajakan bertindak dalam video). Lihat bagaimana YouTube Analytics dapat membantu Anda mengukur kegiatan, mencari tahu apa yang berhasil, dan mengembangkan saluran lebih jauh lagi.



Langkah selanjutnya

Strategi Memanfaatkan YouTube
Memahami YouTube Analytics sangat penting bagi kesuksesan saluran karena Anda dapat mengetahui apa yang berhasil dan melakukan penyesuaian berdasarkan apa yang Anda temukan. Lihat apa yang dikatakan orang lain tentang YouTube Analytics di komunitas Akademi Pembuat Konten Google+. Agar lebih seru, berlanggananlah saluran YouTube kami dan lihat koleksi yang disarankan di sebelah kanan.